Pantai Akkarena dan Kemasan yang Kreatif

PANTAI Akkarena di kawasan Tanjung Bunga, Makassar adalah contoh pantai yang dari sisi alamnya tidak terlalu indah. Ketika melihat pantai ini, saya tidak terlalu terkesan. Pasirnya berwana hitam, tidak terlalu panjang. Sungguh tidak tepat untuk menjadi tempat berleha-leha bagi turis asing.



Kelebihannya terletak pada kemasan pantai yang kreatif dan unik. Selain memberlakukan tarif masuk Rp 10.000 per orang, pantai ini cukup bersih dari sampah dan kotoran yang berserakan. Saya melihat ada tempat lapang yang dibeton semen, trus diletakkan kursi-kursi kayu yang unik serta tenda payung.

Di situ juga ada panggung yang pada malam tertentu sering diisi dengan penampilan band papan atas. Kemudian, ada pula jembatan kayu, yang sering digunakan untuk membuat foto pra-wedding. Tak jauh dari situ, ada fasilitas outbond yang berisikan permainan, baik untuk orang dewasa, maupun untuk anak-anak. Menurut informasi yang saya baca di media massa, fasilitas outbond ini sering disewa oleh beberapa perusahaan di Makassar.



Pantai ini menjadi contoh dari penataan kawasan yang kreatif, meskipun dari sisi alamnya tidak terlalu indah. Kekuatannya adalah pada gagasan yang kreatif untuk mengemas sesuatu yang sederhana, menjadi sesuatu yang luar biasa dan mendatangkan pemasukan yang lumayan bagi pemiliknya. Inilah kelebihan Akkarena.(*)
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...