Es Teler Ternikmat di Makassar

DI Kota Makassar, ada dua tempat makan es teler yang menjadi favoritku. Pertama, es teler Panaikang di dekat kuburan Panaikang. Dikarenakan letaknya yang dekat kuburan Islam di Panaikang, es teler ini kadang diplesetkan menjadi es teler rasa kuburan. Rasanya sangat nikmat. Dugaan saya, ada semacam bumbu rahasia yang dibuat dari buah durian, serta susu coklat. Sedangkan es teler kedua yang jadi favoritku adalah es teler Tanah Abang. Inilah yang akan saya bahas dalam tulisan ini.
 
 

Es teler Tanah Abang terletak di jalan masuk Bumi Tamalanrea Permai (BTP). Dulunya, es teler ini hanya disimpan dalam sebuah gerobak biasa, yangdi dekatnya terdapat banyak kursi plastik. Kemarin, saat aku hendak mencicipi es ini, ternyata tempatnya sudah berpindah. Bukan lagi di pinggir jalan, melainkan sudah menempati sebuah ruko di pintu masuk BTP. Kata temanku, sewa ruko ini cukup mahal karena terletak di pinggir jalan utama.

Harganya juga tidak seberapa mahal. Cuma sekitar Rp 5.000 untuk es teler biasa dan Rp 7.000 untuk rasa super. Tapi dari segi rasa, bedanya hanya sedikit. Aku paling suka dengan campuran alpokat yang digiling hingga halus. Kemudian, ada semacam cairan manis yang menutupi es serta buah-buahan. Saat mencoba es ini, aku memberinya point 8, beda tipis dengan es teler panaikang yang kuberi nilai 9. Bagiku, kedua es teler ini adalah es teler ternikmat di Kota Makassar. Mau coba???

9 comments:

  1. mau...tapi ke nike ardilla cafe dulu.....

    ReplyDelete
  2. Anonymous12:01 AM

    Klo Aq sih Lebih enakan ES TELER TANAH ABANG kemana-mana. POkoknya ES TELER tanpa tanding

    ReplyDelete
  3. anita9:47 PM

    mantap mentong es teler tanah abang

    ReplyDelete
  4. Anonymous11:01 PM

    es teler tanah abang yg di btp paling pas dech di hatikiu.....hiihihihhi

    ReplyDelete
  5. sulis9:07 PM

    tapi comentq stlah mencobanya menurutku rasanya kurang manis n apalagi hambar kurang kental,sorry es tanah abang ini comentq .ada es yang pernah kucoba rasanya nah ini yang aku cari2.

    ReplyDelete
  6. Wahh, masih lebih enak di Es Teler Panaikang.. Rasanya memang tiada dua, saya sudah ke Jakarta dan ke Jogja dan tidak ada samanya di Es Teler Panaikang.

    Jadinya saya nostalgia kembali dengan Es Teler yang sudah membuatku ketagihan, dan rasanya tetap sama :)

    Baca tulisanku di:
    Nostalgia bersama Es Teler Panaikang

    ReplyDelete
  7. welll...perhatian.ini jujur.segera ke blog saya di http://esteler4515.blogspot.com/ saya jual resep.lebih nikmat dari es teler panaikang.....

    ReplyDelete
  8. segera ke www.esteler4515.blogspot.com. sy jual resep es teler rahasia.

    ReplyDelete
  9. Anonymous5:36 PM

    Inilah pengalaman gw wkt gw ke makassar and wkt yg cukup lama selama 2 bln kurang dikit cukup lama kan sodara...,di tengah gempar-gempornya kota ini dengan kawanan begal and sempat kejambretan pula hp saya si grand duos di bawangkaraeng dan gw ga bakal lupa karna pas 14 valentine pertamina ih mau nangis rasanya ga rela.. gak rela....Loh kok malah curhat,
    Ternyata masih ada sisi terangnya, eh salah sisi dinginya maksudny hehehe adalah Es teler namanya berawal ketika gw iseng ama cowo gw nyobain es teler kalo ga salah depan M-Tos and ini pertama kalinya nyobain es teler khas makassar and ternyata saya sangat kecewa berat akibat rasanya yg menurutku ga enak ga karu karuan rasanya buah2nya kek nangka gitu uda pada layu smua, apa memang rasanya seperti itu ya di benakku yasudahlah lewat.
    Nah bsknya saya ama pacar saya mampir makan di rumah makan COTO MAROS rencananya mao makanin ni coto, eh pas liat menu nongol lagi tu tulisan es teler, karna masih trauma ama yg kemaren maka yg gw pesen si kelapa nangka wihhh mantep book rasnaya,..bsknya lg niatnya mao beli lagi cuman karna habis jadinya sy putusin makan sop buah traaallllaaaa ternyata enak buahnya fresh banget, karna gw nginep gak jaoh2 dr situ makanya gw bolak balik nie ama cowo gw kesitu akhirnya nyobain Es teler disini awalnya sih ga yakin rasanya mungkin mirip2 ama yg depan M-tos situ, ternyata tidak sodara ini mah saya kasih nilai 100 widihhhh mantep bener rasanya. Tiap ari beli pun ga eneg mungkin ibu yg jualinnya eneg liatin sy mulu wkwkwkkw.....walopun sy bukan org makassar saya seneng ama smua makannanya. Oh iya untuk harga es terakhir waktu saya makan 2015 cuman ceban alias sepuluh ribu rupiah sajah. Coba di jakarta ada yang senak ini :)..
    Pesan gw siih buat si tukang jambret ama begal2 itu alangkah baiknya pada insaf semua and mending lestarikan tuh makanan sana aja, jualan coto ato es teler gitu.

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...