Membaca Steven Pinker




Lama menunggu, akhirnya saya bisa menimang buku Enlightement Now yang ditulis Steven Pinker. Buku ini terbilang baru. Di Amrik, buku yang ditulis profesor bidang psikologi evolusioner dari Harvard ini terbit tahun 2018 lalu.

Saya makin penasaran untuk membaca buku ini setelah membaca review yang dibuat Bill Gates. Beliau memang rajin membuat resensi buku-buku baru dan merekomendasikannya. Berkat rekomendasi Bill Gates, saya hunting beberapa buku bagus. Di antaranya buku2 yang ditulis Yuval Noah Harari.

Bill Gates menyebut buku ini sebagai buku favoritnya sepanjang masa. Seingat saya, di Indonesia, yang pernah meresensi buku Steven Pinker ini baru Rizal Mallarangeng. Harus saya akui, Rizal terbilang rajin membaca dan meresensi buku.

Berkat penerbit Globalindo yang beralamat di Kota Manado, buku Steven Pinker bisa dimiliki. Hebatnya, penerjemah buku ini adalah Haz Algebra, anak muda yang menempa diri di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Manado. Dia pula yang menerjemahkan buku Yuval Noah Harari berjudul 21 lessons for 21st century.

Salut buat Haz yang menerjemahkan buku setebal 700 halaman dalam bahasa Indonesia. Kalau bukan karena kecintaan pada ilmu pengetahuan, tak mungkin dia punya energi untuk menerjemahkan buku2 sebagus ini.



0 komentar:

Post a Comment