Makan Malam Bersama Mafia Ohio



Di hari nyepi, Jakarta ikut sepi. Jalan-jalan terasa lengang. Datanglah saya ke Pinang Bistro Oakwood, untuk mengikuti pertemuan dengan para alumnus Ohio University at Athens, USA. Para alumnus menamakan dirinya Mafia Ohio.

Ceritanya, para alumnus datang untuk menyambut kedatangan Prof Gene Ammarell, antropolog penulis buku Navigasi Bugis, yang berencana ke Makassar untuk menjadi visiting professor di Unhas.

Saya ikut menyambut guru yang pernah mengajari banyak hal terkait riset etnografis. Saya pun senang bertemu teman dan sahabat dekat. Beberapa di antaranya adalah mantan roommate yang kini udah semakin hebat. Sayang, saya tak bertemu Prof Syafii Maarif dan Dr Salim Said di situ. Biasanya mereka datang.

Saya tidak paham sejak kapan sebutan Mafia Ohio. Seingat saya, dulu hanya ada sebutan Mafia Berkley, sebutan untuk para ekonom alumnus kampus di LA. Belakangan istilah Mafia Ohio muncul pula. Mungkin semacam olok2 saja. Mereka tersebar di mana2 dan bekerja di berbagai bidang.

Terbanyak dari mereka bekerja sebagai akademisi dan peneliti, baik yang berkarier di dalam negeri, ataupun luar negeri. Setelah itu banyak aktivis NGO, serta periset di lembaga internasional.

Namun, tak semua bekerja di bidang itu. Seorang kawan kini menekuni profesi sebagai barista atau peracik kopi. Tentu saja, profesi paling keren di ruangan itu adalah pelatih kucing, profesi langka yang tidak ditekuni satupun mafia Ohio.

Di Pinang Bistro, saya bergabung dalam suasana penuh ceria dan bersahabat. Di luar sana, saya lihat jalanan nampak sepi. Tak seperti biasanya.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Followers

...