AVATAR and the Lost Scene

BUAT Anda yang pernah menyaksikan film terlaris di dunia Avatar karya James Cameron, jangan kecewa jika ternyata film yang anda saksikan tidak lengkap. Bahkan versi VCD dan DVD film yang beredar, tidak secara utuh memuat banyak adegan film. Banyak yang sengaja dihilangkan. Tapi, sebagai penonton awam, tentunya tidak menjadi masalah. Toh, kita sudah sama tahu bagaimana nasib Jack Sully di Planet Pandora. Saya sudah puluhan kali menyaksikan film ini dalam versi VCD dan DVD. Makanya saya tahu persis adegan-adegannya.

Jack Sully dan Neytiri dalam AVATAR

Kemarin saya menonton film Avatar yang ditayangkan ulang di bioskop dalam versi tiga dimensi. Saya tercengang karena film yang saya saksikan memuat banyak adegan yang justru tidak ditemukan dalam versi film yang sebelumnya tayang di bioskop. Wow… Luar biasa. Saya merasa amat surprise!

Ada banyak sekali adegan penting yang dihilangkan khususnya dialog-dialog. Beberapa adegan utama yang hilang dan amat saya sayangkan adalah: 

(1) adegan saat pertama kali tubuh avatar Jack Sully turun dari helikopter di Planet Pandora bersama Dr Grace Agustin dan asistennya. Mereka terlebih dahulu singgah di sebuah bangunan kayu yang dulunya digunakan untuk sekolah bangsa Na’vi. Di situ masih terdapat foto-foto suasana sekolah, serta pintu yang di situ terdapat bekas-bekas tembakan. Jack masih sempat memandang ke atas, dan ada kelelawar mengintai.

(2) Adegan usai belajar menunggang ikram, hewan sejenis naga. Usai berkeliling, adegan berikutnya adalah mereka menunggang ikram di tengah sebuah padang dan di situ terdapat ribuan binatang sejenis banteng yang sedang berlarian. Di atas ikram dan dalam keadaan melayang, Neytiri lalu memanah dan tepat masuk ke ketiak salah satu binatang itu yang langsung terkulai. Demikian pula dengan Tsutey dan Jack Sully. Mereka sama-sama memanah dan binatang tersebut langsung terkapar, sementara ribuan binatang lain tetap berlarian. Dalam film yang Anda tonton, adegan ini hilang. Yang muncul adalah adegan sesudahnya saat Jack Sully berkata, “Hari-hari kami adalah berburu.” Kemudian muncul Toruk, naga berwarna merah. Jack lalu berkata, “Tapi bukan kami satu-satunya pemangsa di angkasa….”

menunggang Toruk Makto

(3) Adegan ketika Tsutey akan meninggal. Dalam film yang Anda tonton, Tsutey sempat melawan saat di pesawat manusia yang hendak memuntahkan bom, setelah itu ia tertembak, kemudian jatuh ke tanah. Dalam versi lengkap, ada adegan saat Tsutey nyaris tewas. Pada saat itu, semua pesawat manusia berhasil dilumpuhkan. Tsutey dikelilingi Neytiri, Jack Sully, dan beberapa warga Na’vi. Tsutey lalu memegang tangan Jack Sully dan menyerahkan kepemimpinan bangsa Na’vi. Ia meminta Jack agar mengakhiri hidupnya. Jack menolak sebab tidak mau membunuhnya. Ia lalu berteriak, “Sudah inilah jalan yang saya inginkan. Saya ingin disempurnakan oleh Toruk Makto.” Adegan yang sangat menyentuh dan mengingatkan pada film The Last Samurai.


Demikianlah beberapa adegan yang hilang dalam film Avatar. Bagi saya, film Avatar versi tiga dimensi ini adalah film 3D paling dahsyat yang pernah saya saksikan. Gambar-gambarnya tiba-tiba hidup. Saya suka sekali adegan ketika Jack dikelilingi oleh tunas-tunas bunga dari pohon arwah. Luar biasa. Gambarnya serasa hidup. Bunga-bunga itu seolah melompat dari layar.

Penasaran? Silakan nonton sendiri.(*)

1 comment:

  1. woow keren kayaknya kak..dimanakie nonton.

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...