Tagihan dari Google



DUA hari lalu, sebuah tagihan masuk ke emailku. Pihak Google menagih 10 dollar AS sebagai biaya perpanjangan domain www.timur-angin.com hingga tahun depan. Pada email itu tertulis bahwa jika saya tak membayar hingga tanggal 7 Agustus, maka blog ini terancam akan dihapus, dan semua tulisan akan lenyap. Ini ancaman yang sempat membuat saya panik.

Masalahnya, saldo rekening saya di salah satu bank Amerika telah dikosongkan. Terpaksa, saya kembali mengisinya agar bisa digunakan untuk transaksi. Terus terang, saya sangat khawatir kalau tulisan di sini lenyap. Saya memperlakukan semua tulisan di sini sebagai anak kandung yang dilahirkan pada satu konteks tertentu. Tulisan di sini adalah saksi ke mana langkah kaki saya bergerak, serta ke mana pikiran saya mengembara.

“Ancaman” dari pihak Google membuat saya kembali merasakan betapa berharganya semua catatan di sini. Saya mesti membuat sistem backup agar tulisan-tulisan di sini tidak hilang. Ada banyak tulisan berharga yang ditulis sebagai refleksi atas semua peristiwa dan pengalaman. Saya mesti menjaganya, sebab tulisan-tulisan itu sangat layak untuk diterbitkan.

Saya tak sedang memuji diri sendiri. Sudah dua penerbit besar tanah air yang meminta catatan-catatan di sini untuk diterbitkan. Namun saya terlanjur mengikat kontrak dengan satu penerbit. Ini adalah pertanda bahwa tulisan di sini mendapatkan apresiasi dari orang lain serta memiliki potensi untuk menyapa pembaca lebih banyak. Tentunya, saya senang jika banyak yang kemudian membacanya. Sebab ada kesempatan untuk menjalin silaturahmi dan persahabatan, yang ditautkan oleh tulisan-tulisan blog ini.(*)

10 comments:

  1. Wah semoga tidak sampai "hilang" blog ini...
    Saya sangat termotivasi untuk menulis, setiap kali membaca tulisan-tulisan Anda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mas dimas. saya bahagia jika bisa memotivasi.

      Delete
  2. Hehehe. Memang ya, ketika ada sesuatu yang mau dicabut dari kita, kita bisa tiba-tiba inget betapa penting dan berharganya sesuatu itu bagi kita. Semoga bisa terus menginspirasi lewat blog ini, ya...

    ReplyDelete
  3. wah sayang kalau sampai di suspen ni blog apalagi blog ini sudah lama juga.

    ReplyDelete
  4. Jangan sampai ilang mas, aku sering mampir baca2 disini. Nanti kemana lagi aku mampir hehehe ...

    Domain ku desember besok perpanjang, jadi mesti siap2 nich hehe

    ReplyDelete
  5. Kayaknya nggak se ekstrim gitu deh Bang kalau domain yang kita gunakan terlambat dalam proses pembayaran perpanjangan masa aktifnya. Domain yang terlambat diperpanjang akan menyebabkan domain tsb dinonaktifkan dan bahkan akan dihapus dari database nama domain di server tempat kita membeli domainnya. Jika domainnya sdh terhapus, otomatis blog ini tidak bisa dikunjungi lagi dengan domain timur.angin dot com kan. Walau tak bisa lagi dikunjungi dengan domain itu, tulisan2 di blog ini akan tetap ada kok coz kan masih tersimpan di akun bloggernya Bang Yusran. Google tidak secepat itu untuk menghapus blog pengguna layanan mereka yaitu blogspot. Maaf ya Bang jika komentar saya ini terkesan menggurui coz saya rasa ada yang nggak konek dengan pemahaman saya dari penjelasan di atas.. :)

    ReplyDelete
  6. Untungnya masih bisa terselamatkan mas blognya, saya juga selalu mampir untuk sekedar baca-baca & nambah pengetahuan juga, disetiap tulisannya selalu ada hal yang memotivasi hehehe :)

    ReplyDelete
  7. pernah juga kejadian sama saya mas, trus langsung tulisannya saya selamatkan dan, pindah ke rumah laen :)

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...