Tiga Hari yang Penuh Inspirasi



TIGA hari di Kupang adalah tiga hari yang mengasyikkan. Saya bertemu banyak orang hebat, inspiratif, serta penuh ide-ide. Tiga hari itu demikian bermakna. Sebab saya kemudian mendefinisikan ulang makna kesuksesan, yakni ketika berhasil berbuat hal-hal sederhana yang kemudian memberi makna bagi alam sekitar, bagi semesta, dan bagi sebagian orang.

Saya menuju Kupang bersama mereka-mereka yang selama ini hanya bisa saya baca karyanya. Ada seorang penulis yang menjadi editor lembaga penerbitan yang mengangkat khasanah lokalitas, ada blogger sekaligus seorang pekerja sosial yang berpengalaman dalam mendesain program, ada project officer sebuah lembaga internasional yang bergerak di bidang lingkungan, ada pula citizen journalist yang banyak melatih orang-orang di bidang penulisan, ada pria yang melestarikan kehijauan alam di sekitar rumahnya, serta seorang sahabat yang setia mengampanyekan aktivitas berkebun di tengah kota.

Lewat dialog serta canda, saya belajar banyak pada para sahabat itu. Saya memosisikan diri sebagai spon yang berusaha menyerap semua khasanah pengetahuan mereka. Waktu tiga hari adalah waktu yang amat singkat untuk belajar. Tapi setidaknya saya belajar satu hal penting tentang pentingnya gagasan serta angan-agan untuk melakukan perubahan, membangun jejaring sevisi, serta langkah-langkah kecil untuk menggapai angan-angan perubahan.

Kepada semua sahabat itu, saya tak henti-hentinya mengucap rasa terimakasih atas pelajaran berharga serta semangat yang ditularkannya. Kebaikan mereka mengingatkan saya pada kebaikan matahari yang selalu ikhlas memberi cahaya kepada bumi, tanpa mengharapkan bumi agar memberikan sesuatu.


Kupang, Juni 2013
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...