Petualangan Terbaru Robert Langdon

Robert Langdon yang diperankan Tom Hanks

PENGARANG Dan Brown merilis novel baru berjudul Inferno. Hari ini, saya menerima email dari Amazon yang berisi ajakan untuk pre-order, atau memesan buku sebelum dikeluarkan pada tanggal 15 Mei mendatang. Meskipun belum tertarik untuk memesan, namun saya suka dengan promosi seperti ini.

Saya penggemar serial petualangan Robert Langdon dari Dan Brown. Bagi saya, Langdon adalah seorang detektif yang punya wawasan sejarah yang hebat. Ia bisa menjelaskan kode dengan analisis simbologi, budaya, lalu menghubungkannya dengan sejarah. Pikirannya bisa menembus kode dan apa yang tampak demi menemukan saling kait antara satu fakta dengan fakta lainnya.

Sayangnya, belum ada satupun pengarang Indonesia yang bisa sepiawai Dan Brown dengan karakter Robert Langdon. Padahal, sejarah dan budaya Indonesia demikian kaya dan penuh teka-teki di dalamnya. Kita punya ribuan misteri dalam aneka ragam candi, atau tradisi yang hingga kini masih hidup dan tersimpan rapi di benak setiap penghayat kebudayaan. Kita juga punya khasanah dongeng, yang bisa dilihat sebagai bahan baku naskah untuk menyusun teka-teki masa silam, lalu menerka-nerka, apa yang sesungguhnya hendak dibisikkan para leluhur untuk kini.

Sayang, belum ada pengarang yang sepiawai Dan Brown di tanah kita. Di jajaran yang muda, ada pengarang E.S Ito yang menulis dua novel yang berisi teka-teki sejarah yakni Negara Kelima, dan Rahasia Meede. Selain itu, saya belum menemukan satu nama lain yang berani mengaduk-aduk sejarah kita. Sayangnya, Ito belum seproduktif Brown. Tapi harapan harus tetap dikerek tinggi-tinggi, agar kelak banyak pengarang baru yang bermunculan dan mengolah bahan baku sejarah serta kebudayaan kita yang amat kaya. Semoga.


Athens, 28 Januari 2013
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...