Athens, Kenangan yang Terus Abadi


Ceritakan padaku tentang kenangan?

Kenangan adalah perangkap kesan dalam benak tentang sesuatu. Kenangan adalah himpunan pengalaman-pengalaman yang membentuk satu bangunan konseptual tentang sesuatu dalam genangan pemikiran kita. Kita menilai sesuatu berdasar kenangan, kita melihat hidup berdasarkan kenangan, dan menilai yang lain berdasar kenangan.

prasasti yang membekukan kenangan
prasasti 2
Kenangan cenderung tetap dan tidak berubah, padahal orang yang hidup dalam kenangan itu terus mengalami gerak. Maka nostalgia menjadi momentum di mana kita saling mempertautkan kenangan, memperbarui kenangan, sekaligus kian memperkaya genangan data seseorang sebagaimana diabadikan dalam benak kita sendiri.

Mungkin ini manusia mengabadikan kenangan dalam prasasti, bangunan, symbol, arca, monumen, nama jalan, serta benda-benda yang memicu ingatan atas sesuatu. Mungkin ini sebab, mengapa warga Athens banyak memerangkap nama seseorang menjadi nama sesuatu demi menjaga ingatan atas seseorang itu.

Di Athens, aku ingin memelihara  banyak kenangan. Tentang persahabatan, pelajaran kehidupan, serta dialog-dialog kecil yang membahagiakan dan abadi dalam ruang berpikir. Aku menikmati pengalaman bersama para sahabat yang luar biasa dan mewarnai pengalamanku.
sahabat 1
sahabat 2
suatu sore
sahabat 3

Kami penuh dengan keterbatasan, penuh dengan kekurangan, tapi tidak membuat kami saling menampik. Kami penuh luka-luka, penuh onak dan duri dalam perjalanan kami, penuh kesedihan dan sesekali nestapa atas dinamika kemanusiaan di antara kami. Tapi itu bukan alasan untuk saling menjauh. Kami akan saling melengkapi kekurangan itu, lalu mentransformasi diri sebagai bangunan yang saling menguatkan.

Kami akan menjadi kaki-kaki yang saling menopang tubuh masing-masing. Kami akan menjadi sayap-sayap yang saling menerbangkan. Kami akan jadi cahaya yang saling menerangi gelap hati masing-masing. Kami akan jadi embun yang membasahi hati para sahabat.


Athens, 25 Juni 2012
Saat berkeliling kota bersama sahabat
yang akan segera meninggalkan kota ini
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...