Duka 1 Oktober


Kawan,.... ini 1 Oktober 2010. Tahukah dirimu bahwa 45 tahun yang lalu, sebuah kekerasan besar bertubi-tubi telah menghantam bangsa ini? Tahukah dirimu bahwa negara menegakkan ideologi Pancasila dan membunuh jutaan warga yang berpikir berbeda? Tahukah dirimu bahwa jutaan warga sendiri di tahan di berbagai kamp konsentrasi, mulai Pulau Buru hingga Digul, hanya gara-gara nama gagasan yang berbeda? Terserah bagaimana dirimu menilainya. Aku hanya bisa mengenangnya dengan pedih. kekerasan itu telah meninggalkan torehan luka yang dalam di sekujur tubuh bangsa ini. Luka yang hingga kini jejaknya tidak mengering. Masih menggenang hingga kini.

Kemarin, beberapa kantor pemerintah menaikkan bendera setengah tiang. Mereka menganggap peristiwa itu sebagai peristiwa gagalnya sebuah pemberontakan yang kemudian menewaskan beberpa orang petinggi militer. Mereka menilai peristiwa itu sebagai keserakahan untuk menegakkan ideologi sendiri. Mereka menilai itu sebagai makar atas kekuasaan.

Maafkan jika diriku melihatnya dari sisi berbeda. Aku melihat peristiwa itu hanya awal dari pembunuhan massal atas jutaan anak bangsa, pembunuhan yang disebut Gribb sebagai the killing field. Atas nama negara, telah terjadi pembunuhan atas jutaan warga yang dituduh hendak melakukan makar. Sejarah kita adalah catatan emas yang ditulis di atas timbunan kesedihan. Dan hari ini, kita masih saja dibodohi oleh 'catatan emas' tersebut.(*)

2 comments:

  1. Anonymous9:28 AM

    Miris..krn tidak hanya membunuh fisik mereka. jd ingat Pramudya Ananta Toer dlm Nyanyian Sunyi Seorang Bisu (agak lupa persis judulx)..mgkn itu sebabx hr ini malas pake seragam korpri pdhl wajib.

    ReplyDelete
  2. Anonymous10:27 AM

    Saya tidak tahu mana yang benar dan yang salah yang pasti yang dibuat ole Pak Harto itu yang suda sangat benar Dia sanggup untuk Menyatukan ini Nusantara Bukan GAJA Mada tetapi Sueharto..... Saya sangat setuju kalau dia bantai habis musuh2 negarai ini Baik dari Organisasi Apapun ISLAM, KRISTEN dan Apa saja yang ingin memecah belakan negara ini di bantai oleh pak Hartooo ..... Karena Kalau tidak MALUKU (Republik Maluku Selatan) akan Menjadi Negara sendiri, Irian Akan menjadi negera sendiri dan Ace menjadi negera sendiri.

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...