Stress Mikir Ujian

Minggu depan, beberapa mata kuliah sudah mulai ujian. Kayaknya, puncak masa stress perkuliahan sebentar lagi akan menjelang. AKu udah deg-degan membayangkan betapa beratnya ujian ini.

AKu sudah mulai belajar keras. Targetku adalah bisa lulus dengan nilai yang maksimal. Setidaknya itulah pencapaianku untuk semester pertama di kampus kuning ini. Aku tak muluk-muluk. Rasanya kuliah ini begitu berat bagiku. Bukan karena materinya yaa. Aku merasa berat memikirkan bagaimana menghadapi masalah keuangan saat kuliah. Inilah bedanya antara aku dan teman-temanku.

Kalau mereka bisa kuliah dengan lancar dan tak ada masalah, aku jusru penuh dengan persoalan. Konsentrasiku kerap buyar kalau memikirkan keuangan yang hingga kini belum stabil juga. Makanya, kalaupun hasilnya tak maksimal, mungkin itu adalah konsekuensi dari beratnya menghadapi persoalan keuangan.

Tapi saya belajar untuk menghadapinya dengan pnuh keseriusan. Dari semua mata kuliah, palingan cuma satu yang aku rasa agak bermasalah. Itupun mata kuliah pilihan saja. Setelah itu, semuanya berjalan lancar dan tak ada masalah berarti.

Na, hal yang paling berat aku pikirkan sekarang adalah bagaimana biaya kuliahku nanti? AKu stress kalau mengingat kenyataan harus membayar SPP pada bulan Januari ini. Soalnya, untuk uruisan ini, UI begitu kejam dan kadang tak peduli dengan persoalan yang dihadapi oleh mahasiswanya. Rasa-rasanya tak ada ampun bagi siapapun yang tidak bayar. Itu yang banyak terjadi pada tyeman mahasiswa Makassar yang kemudian gagal merampungkan studi.

Aku ingat kalau masih punya honor penelitian dari Kak Makbul sebesar Rp 500 ribu. Kemudian, masih ada sisa gajiku di PT VSM sebesar Rp 2 juta. Masih ada honor buat buku untuk KBRI Malaysia. Cuma, jumlahnya aku belum tahu. Di luar itu, akua belum punya sumber duit yang lain. Kayaknya, aku harus bekerja keras dan melakukan gerilya demi bisa menuntaskan kuliah ini.

Itu belum seberapa jika membayangkan bagaimana harus mencukupi kebutuhan makan minum setiap hari. Ah, ingatan itu cukup mengganggu persiapan menghadapi final test ini.

1 comment:

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...