Seberapa Pentingkah Rangking Alexa?



DUA minggu lalu, saya agak terkejut ketika hendak menjelaskan tentang situs Alexa yang membuat rangking blog berdasarkan jumlah pengunjung kepada seorang teman. Saya menunjukkan perbandingan blog saya dengan blog The Naked Traveler (TNT) yang dikelola Trinity, salah seorang blogger. Dan betapa tercengangnya saya karena ternyata blog saya lebih populer daripada blog Trinity.

Setahun silam, peringkat blog saya di atas 100.000 di Indonesia. Saat itu TNT sudah berada di peringkat 10.000-an. Dua minggu lalu, rangking blog saya adalah 5.000. Bahkan minggu ini, rangkingnya jadi 4.500. Sementara TNT terpatok di angka 11.315. What?

Tak hanya teman, saya pun kaget juga. Padahal, niat awal saya hanyalah menunjukkan tentang perbandingan peringkat blog. Saya ingin menunjukkan bahwa blog yang sudah terkenal pasti akan dikunjungi banyak orang. Ternyata, saya yang amatiran dan newbie ini justru punya blog yang lebih populer. Serasa tak percaya, saya lalu mengecek rengking seorang blogger senior yang selalu membawakan materi blog di mana-mana. Peringkatnya hanya 25.763.

Mengapa peringkat blog demikian penting?

Bagi yang menjadikan blog hanya sebagai wadah untuk merekam semua gagasan, maka peringkat tak begitu penting. Akan tetapi bagi yang hendak mengmersialkan blog, lalu meraup materi di blog itu, maka peringkat Alexa jelas sangat penting. Sebab peringkat blog akan menjadi patokan bagi para pengiklan untuk memajang produknya di situ. Ketika satu blog punya peringkat yang tinggi, maka pengiklan akan membanjiri blog itu dengan berbagai produk.

Untuk saat ini, peringkat itu tak penting buat saya. Sebab blog ini hanya bertujuan untuk merekam gagasan, melepaskan semua kegelisahan serta ide-ide yang berkelebatan. Blog ini hanya untuk menampung kegelisahan-kegelisahan yang tiba-tiba mencuat kala menyaksikan sesuatu.

Namun, jika ada yang hendak memasang iklan, why not? Bukankah menyenangkan jika kita bisa menghasilkan sesuatu dari kerja-kerja idealis untuk merawat gagasan di sini?


Makassar, 21 Desember 2013

3 comments:

  1. wah makasih banyak ilmunya, alexa rank emang penting banget

    ReplyDelete
  2. Dulu cara menyampaikan gagasan lewat surat kabar ataupun lewat orasi yg trbatas wktu dan tmpatnya.. yah jman skrang sdah cnggih lwat ponsel sdah bsa dpat bnyak info.. dan slah satu blog yg selalu menyajikan gagasan dan idealis adalah blog ini yg selalu mmberikan gizi untuk pikiran seperti soekarno, hatta, sjahrir, buya hamka dan tan malaka lewat tulisannya.. Semoga makin bnyak pngunjung blog ini

    ReplyDelete
  3. yah jman skrang sdah cnggih lwat ponsel sdah bsa dpat bnyak info dan buka blog , Dulu cara menyampaikan gagasan lewat surat kabar ataupun lewat orasi yg trbatas wktu dan tmpatnya, slah satu blog yg selalu menyajikan gagasan dan idealis adalah blog ini yg selalu mmberikan gizi untuk pikiran seperti soekarno, hatta, sjahrir, buya hamka dan tan malaka lewat tulisannya.. Semoga makin bnyak pngunjung blog ini

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...