Ikuti Lomba Essai Sejarah


TANPA bermaksud angkuh, jika terdaftar sebagai peserta lomba menulis essay sejarah --sebagaimana nampak pada gambar di atas--, saya yakin akan memenangkan lomba ini. Apalagi, temanya adalah tema yang sangat saya minati yakni refleksi atas sejarah kekerasan masa silam, khususnya refleksi atas tragedi 1965. Jika masih pensaran, saya kutipkan tujuan lomba ini:

"Menyembuhkan luka sejarah adalah kerja besar. Bukan sekadar kerja satu dua tahun, tetapi mungkin puluhan tahun. Betapa pun, sebuah langkah kecil tetap harus dimulai. Kompetisi menulis esai ini bertujuan supaya anak muda bisa menuangkan pandangan pribadinya terhadap tragedi 1965 dan memulai langkah kecil sebagai rintisan awal menuju kepada rekonsiliasi. Anak muda, dalam konteks ini, adalah pemegang kunci. Karena merekalah  pemilik sesungguhnya masa depan bangsa ini, tempat cita-cita rekonsiliasi didedikasikan."

Saya sudah pernah melakukan riset atas tema ini selama beberapa tahun hingga menjadi tesis pada program pascasarjana Universitas Indonesia. Saya juga punya data yang amat kaya sebagai bahan mentah untuk dituliskan menjadi catatan sejarah. Secara metodologis, pendekatan yang saya gunakan untuk menulis sejarah ini adalah pendekatan yang baru dan belum banyak dikuasai. Lantas, apa yang menghalangi saya untuk ikut lomba dan jadi juara?

Sayangnya, waktu dan keadaan tak memungkinkan buat saya untuk mendaftar. Ada dua alasan. Pertama, saya sedang menjalani pelatihan untuk program beasiswa. Selama enam bulan ini, waktu saya akan banyak tersita untuk belajar bahasa. Kedua, saya tidak memenuhi syarat usia. Panitia mematok syarat bahwa pesertanya berusia di bawah 25 tahun. Jelas, saya tidak akan memenuhi persyaratan itu.

Padahal, hadiahnya cukup menggiurkan. Juara pertama akan diberi kesempatan mengikuti program kuliah selama sebulan di Jerman. Juara kedua dapat laptop, dan juara ketiga dapat uang tunai. Apakah anda tertarik jalan-jalan ke Jerman? Jika tertarik, silakan kunjungi website ini untuk melihat persyaratan serta apa yang harus disiapkan. Thanks...

1 comment:

  1. kak, kalo saya yang ikut???solanya belumpa genap 25 tahun. nanti genapnya pas tanggal 30 november pi...:)

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...