Terbang Jam 4, Tiba Jam 4

KEMBALI saya melakukan perjalanan. Selama beberapa bulan ini, saya cukup banyak melakukan perjalanan. Kali ini saya berangkat ke Yogyakarta. Saat di Makassar dan hendak mencari tiket ke Yogya, saya baru sadar kalau mencari tiket pesawat pada masa libur ibarat mencari jarum di tengah tumpukan jerami. Kita tak akan mudah mendapatkannya sebab penerbangan selalu penuh dengan orang yang hendak bepergian.

Semuanya memang tanpa direncanakan. Bos memanggil saya, kemudian memerintahkan agar keesokan harinya sudah harus ada di Yogyakarta untuk mengikuti pertemuan Jaringan Kota Pusaka Indonesia. Dalam keadaan seperti ini, saya tak mungkin menolak. Meskipun untuk itu, saya harus pontang-panting mencari tiket. Apalagi, hanya ada satu flight penerbangan Makassar-Yogya. Itupun, tiket sudah habis sejak beberapa hari sebelumnya.

Saya lalu menempuh opsi untuk terbang ke Surabaya, kemudian lanjut ke Yogyakarta. Tiketnya juga luar biasa mahal. Tiket yang tersedia seharga dua juta rupiah. Padahal, dalam keadaan normal, harga tiket hanya satu juta rupiah. Andaikan ini bukan instruksi langsung dari bos, pastilahsaya akan menolaknya. Saya tidak banyak pilihan dan terpaksa membeli tiket semahal itu. Dan selanjutnya, dimulailah perjalanan ke Yogyakarta pada tanggal 18 Juni lalu.

Ada hal unik yang saya alami. Saat berangkat dari Makassar, jam menunjukkan pukul 4 sore. Penerbangan ke Surabaya ditempuh dalam waktu sejam. Saat tiba di Surabaya, waktu tetap menunjukkan pukul 4 sore. Saya seolah tidak berpindah. Sementara perjalanan itu sendiri menelan waktu sejam. Mulanya bingung. Selanjutnya saya tersenyum sendiri saat menemukan jawabannya. Sebab perjalanan itu menembus zona waktu yang berbeda antara Surabaya dan Makassar. Tapi, tetap saja ada pertanyaan yang tersisa. Apakah waktu memang relatif? Mungkin Einstein yang bisa menjelaskannya.(*)

1 comment:

  1. erwin2:35 PM

    wah...kalo cuma masalah tiket trus kanda harus pontang panting nyari duh...janganlah...
    saya bisa bantuji kalo tiketji.kebetulan saya ada travel nih kanda.bisa kok saya cariin yang murah.tapi mks-yogya sih dihari biasa harganya sekitaran sejuta.

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...