Indonesia sebagai Imajinasi

Indonesia adalah imajinasi. Satu bentuk yang lahir dari upaya membayang-bayangkan sesuatu kemudian melahirkan gambaran tertentu. Satu citra mental yang dilukiskan oleh mereka yang pernah menjelajah hingga pelosok Nusantara kemudian dijerat oleh rasa kagum yang berlebihan. Kekaguman itu menjelma menjadi tuturan yang dikabarkan ke berbagai penjuru dunia: bahwa ada gugusan pulau yang sedemikian indah dan kaya, masyarakatnya rukun sebagaimana semboyan gemah ripah loh jinawi.

Indonesia dimulai dari sepercik kesan para penjelajah dan orientalis yang begitu genit dan dikepung birahi eksotisme Indonesia. Indonesia dimulai dari kegairahan untuk menjelajah dan menemukan setumpuk cerita untuk dikisahkan kepada bangsa barat yang senantiasa mengklaim dirinya jauh lebih beradab sehingga punya otoritas untuk menaklukan yang lain. Indonesia adalah nama yang diberikan sejumlah ahli etnografi yang kemudian menyusun peta jelajah bangsa asing dan resource yang kemudian dikeruk dan menggerakkan layar industrialisasi di Eropa barat.(*)

1 comment:

  1. artikel yang bagus. sayangnya Indonesian sendiri yg mengetahui keindahan dan kesuburannya enggan bertindak lebih kreatif untuk lebih memajukan negeri sendiri, mereka malah mengeruk kekayaan demi diri sendiri.

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...