Rencana Besok

BESOK saya akan ketemu dengan perwakilan WWF, sebuah lembaga internasional yang concern dengan isu lingkungan. Kami akan diskusi tentang rencana menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan para Kepala Bappeda se-Sulawesi, tanggal 4 Juni mendatang di Hotel Clarion, Makassar. Posisi saya adalah sebagai fasilitator di ajang tersebut. Saya akan mengendalikan diskusi dengan para Kepala Bappeda Provinsi se-Sulawesi.

Sebenarnya, saya agak kurang percaya diri dengan kesempatan tersebut. Bukan soal gaji yang lumayan, namun saya masih harus belajar untuk mengenali isu-isu pembangunan khususnya tema-tema ekonomi, lingkungan, ataupun kemiskinan. Pengetahuan masih harus di-update dengan isu-isu terbaru sehingga nantinya tidak ketinggalan tema ketika harus memfasilitasi kegiatan itu.

Sesuai dengan daftar yang ada pada panitia penyelenggara, ada tiga orang yang ditunjuk sebagai fasilitator. Mereka adalah (1) Prof Darmawan Salman, seorang ahli ekonomi pembangunan Unhas, (2) Dr Bahrianto Bahtiar, akademisi Unhas yang juga aktivis LSM Lingkungan di Sulsel, dan (3) saya sendiri. Di antara semuanya, sayalah yang paling junior dan masih belajar terkait isu-isu pembangunan sosial.

Andaikan fasilitator itu diganti diganti, saya akan minta diganti. Kayaknya sudah tidak ada kesempatan untuk meminta pergantian. Kesalahan saya adalah terlalu cepat menyetujui permintaan tersebut. Mungkin, saya harus melihat ini sebagai satu cabaran (tantangan) yang harus dilalui. Mungkin malam ini saya harus membaca dengan baik TOR dan rencana kegiatan tersebut. Mudah-mudahan, saya bisa melewati kegiatan ini dengan baik. Jika gagal jadi faslitator, bagi saya tak apa-apa.(*)


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...