Pantai Katembe, Pantai Berwarna Pink


warna pink di Pantai Katembe

DI mana-mana, pantai selalu identik dengan pasir putih, laut biru, serta awan putih yang menggantung. Namun di Pantai Katembe yang terletak di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, saya melihat pantai yang pasirnya berwarna putih serta merah jambu (pink). Lho kok bisa?

Entah mengapa sampai berwarna pink. Mungkin warna itu disebabkan oleh jenis tumbuhan tertentu atau mungkin pengaruh sinar matahari. Yang pasti, warna pink nampak memenuhi pasir putih yang sehalus terigu. Entah, apakah warna pink ini juga bisa ditemukan di tempat lain, saya hanya menemukannya di Katembe. Padahal, saya telah menjelajahi  banyak pantai.

Warna itu menjadi keunikan sekaligus daya tarik dari pantai yang tengah dipromosikan oleh Pemda Buton sebagai destinasi wisata. Katembe memang indah. Ia sangat layak dipromosikan. Pantai ini ibarat gadis perawan yang tengah tumbuh dan mekar-mekarnya. Ia belum banyak dikenal orang sehingga kecantikannya masih sangat alamiah. Ia belum dibanjiri sampah plastik yang biasanya identik dengan pantai wisata yang selalu dijejali orang.

Katembe juga mudah dijangkau. Dari Kota Baubau, kita bisa menyeberang dnegan feri ke Wamengkoli, yang terletak di Pulau Muna. Biarpun di Pulau Muna, secara administratif, pantai ini masih termasuk wilayah Kabupaten Buton.

Yang saya sukai adalah garis pantai yang sangat lebar. Dari pesisir pantai ke laut, seolah ada lapangan pasir berwarna putih yang sangat menggoda untuk diduduki atau bermain-main di atasnya. Di belakang pantai itu, ada pula tanah lapang yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Bulan lalu, fotografer senior Darwis Triadi datang ke pantai ini bersama model-modelnya. Pantas saja jika pantai ini kemudian masuk dalam tayangan Mata Lensa bersama Darwis Triadi pada salah satu televisi swasta. Nampaknya, pantai ini akan segera dikenal banyak orang.

Saya hanya berharap agar pantai ini tetap indah sebagamana saya saksikan hari ini. Semoga saja datangnya banyak orang tidak mencederai keindahan pantai itu. Semoga saja pantai ini ditata dengan baik, dengan memperhatikan aspek estetika serta menghargai kearifan lokal para penduduk yang tinggal tak jauh dari pantai. Semoga.

Berikut, beberapa foto yang saya ambil di Pantai Katembe. 










Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...