Jelang Tahun Baru Cina


TAK lama lagi orang-orang Cina akan merayakan Chinese New Year. Tak hanya di Athens, seruan untuk perayaan tahun baru ini telah bergema ke mana-mana. Di zaman ketika Cina mulai dilihat sebagai kekuatan besar, apapun momen yang menyangkut Cina, akan dilihat sebagai momentum bagi warga dunia.

Orang Cina memang hebat. Mereka juga ajaib. Tak ada satupun kota di Amerika yang tak dirambahnya. Taka da satupun kampus Amerika yang tak dimasuki orang Cina. Mereka datang dalam jumlah yang banyak, lalu memenuhi semua kampus-kampus besar. Di Athens, jumlah mereka adalah yang terbesar di kalangan mahasiswa internasional. Komunitas mereka juga besar. Di sekitar kampus, terdapat banyak warung Cina yang menjajakan aneka makanan. Maka ke sanalah mereka berkumpul.

Yang kukagumi karena mereka amat cinta budayanya. Ke manapun mereka pergi, mereka akan tetap menjadi Cina. Mereka tak mau menjadi barat. Malah, mereka yang mencinakan orang barat. Di masa depan, bisa-bisa, dunia yang dicinakan oleh mereka.

Saat memikirkan mereka, aku lalu mencari-cari peta bangsaku. Apakah kelak bangsaku akan seperkasa mereka? Ataukah akan digilas oleh mereka?

0 komentar:

Posting Komentar