Buka Puasa Gratis di Kota Athens


jelang buka puasa
KEMARIN, bersama komunitas Indonesia di Athens, Ohio, saya ikut serta menyediakan jamuan iftar (buka puasa). Saya ikut membantu beberapa sahabat untuk memasak, lalu menyajikannya pada jamaah. Kami membagi tugas lalu mengkoordinasinya. Proses masak-memasak dilakukan di tiga tempat. Kesemuanya lalu dikumpulkan jadi satu dan dibawa ke Islamic Center, Athens.

Saya menyenangi proses ini. Saya seakan terkenang masa kecil ketika saya selalu menghadiri jamuan buka puasa di masjid yang tak jauh dari rumah. Bahkan ketika saya telah berpindah ke Makassar dan Jakarta sekalipun, momen buka puasa tak pernah terlewatkan. Saya menyenangi saat-saat berinteraksi dan saling sapa di masjid. Selain itu, buka puasa di masjid juga gratis. Nah, alasan terakhir ini yang bikin saya betah.

Kini, saat berada di Athens, saya pun tetap rajin mengikuti buka puasa. Kali ini, suasananya agak berbeda. Mereka yang datang buka puasa di Athens, tidak selalu warga Muslim. Bahkan warga non-Muslim pun bisa diundang untuk menghadiri acara ini. Prosesnya juga agak berbeda dengan di Indonesia.

Di Athens, makanan wajib untuk iftar adalah korma. Bukan rahasia lagi jika kurma asal Amerika jauh lebih nikmat dari kurma asal Arab. Entah, apa yang menyebabkan ini, yang past orang Amerika bisa menanam kurma di beberapa negara bagian seperti California, Dallas, Arizona, hingga New Mexico. Rasa kurmanya jauh lebih nikmat ketimbang kurma asal Arab.

Setelah kurma, selanjutnya adalah sop. Di sini, orang menyebutnya sop, namun di Indonesia, ini lebih cocok disebut bubur nasi yang diberi merica serta bumbu. Rasanya juga nikmat. Setelah menyantap sop, semua orang lalu salat magrib. Setelah itu, barulah makan malam.

sebelum dipanggang, ayam diberi santan
siap untuk dipanggang
proses mengolah kambing
kambing yang sudah diolah

Saya mulai menikmati urut-urutan proses berbuka puasa. Saya juga menyenangi saat berinteraksi dengan komunitas Muslim internasional. Lewat proses dialog itu, saya bisa belajar banyak dan mengasah diri. Selamat menikmati Ramadhan!


Athens, 5 Agustus 2012
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...