Saat Keluarga Masuk Kampus

spanduk selamat datang

DAHULU, ibu saya ke kampus hanya saat wisuda. Di tanah air, kampus-kampus tumbuh rimbun tanpa mempedulikan sanak keluarga para mahasiswa. Saya belum pernah mendapatkan undangan agar mengajak ibu dan keluarga ke kampus. Di Amerika Serikat (AS), keluarga adalah pihak yang sering diundang agar ke kampus dan melihat aktivitas anaknya.

Di Athens, orang tua sering diundang agar melihat langsung apa yang dilakukan anaknya. Orang tua mesti memastikan bahwa anaknya berada di tempat yang tepat. Mereka harus yakin kalau sang anak sedang menata mimpinya secara perlahan di tengah lahan subur yang menumbuhkan semua potensinya. Terhadap tradisi ini saya mengacungkan jempol. Di saat bersamaan, sayapun sering bertanya tentang kampus-kampus di tanah air, yang tidak pernah mengundang semua orang tua.

selamat datang ayah!

Sungguh aneh, sebab di saat bersamaan, kita sering mendefinisikan diri sebagai bangsa idealis yang punya nilai-nilai kekeluargaan. Tapi, entah kenapa, orang tua dan keluarga seakan tidak menjadi bagian dari tumbuh kembang kita sebagai mahasiswa di perguruan tinggi. Lantas, mengapa di negeri yang sekuler dan warganya sangat idealis, justru banyak memberikan perhatian kepada semua anggota keluaga termasuk ayah ibu?


Athens, 8 Februari 2012

4 comments:

  1. heheh.... Beda kultur dan masalah disiplin kali mas..

    ReplyDelete
  2. ada kok undangan, untuk rapat wali murid hehe
    kecuali untuk preschool mungkin, orang tua benar2 dilibatkan

    ReplyDelete
  3. Akan menjadi semangat tersendiri bagi mahasiswa jika orang tua mereka sering di undang ke kampus tapi yg akan menjadi permasalahan ketika orang tua mahasiswa yang diundang itu berada pada daerah yang jauh dengan tempat kuliah sang anak.
    Jujur, saya sepakat dengan ide ini jika diterapkan di indonesia khususnya di Makassar.....
    :D

    ReplyDelete
  4. @Fandy: iya sih. beda kultur, beda disiplin
    @Isma: waktu sy kecil, undangan terbatas hanya untuk pertemuan koperasi sekolah. hehehe
    @Agung: saya juga sepakat.

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...