Saatnya Memproteksi Foto

salah satu fotoku yang dikopi tanpa izin


BULAN lalu, saat singgah di Pasar Wameo, Baubau, saya terkejut menyaksikan ID Card tukang parkir di pasar tersebut. Betapa tidak, para tukang parkir di pasar itu mengenakan kartu pengenal yang bergambarkan patung naga hijau Lawero yang kokoh di Pantai Kamali. Yang membuat saya terkejut karena gambar Lawero itu adalah hasil jepretan saya dan pernah dipublikasikan di blog ini.

Beberapa hari berikutnya, sahabat Mukmin menginformasikan tentang gambar seorang nelayan di Buton Utara. Ia yakin benar kalau gambar itu adalah hasil jepretan saya dan pernah tayang di blog ini. Ini bukan sekali. Sebelumnya, harian ini pernah pula menayangkan foto jepretan saya, tanpa sekalipun memberikan konfirmasi. Padahal, semua orang yang kerja di media sama-sama mafhum bahwa mengambil karya orang lain tanpa izin adalah sebentuk perampokan atas karya intelektual.

foto nelayan Buton Utara yang dimuat Radar Buton tanpa izin
Setelah saya renungi, mungkin karena gambar tersebut saya tayangkan begitu saja, tanpe mengeditnya. Pantas saja jika orang lain degan mudah mengambil foto itu, lalu menayangkannya, tanpa perlu membuat konfirmasi. Makanya, saya berpikir bahwa sudah saatnya membuat proteksi atas apa yang tayang di blog ini. Mulai malam mini, saya akan mengedit semua foto yang tayang dengan cara memasang nama saya di tengah foto itu. Sehingga siapapun yang hendak menggunakannya, mesti mengontak saya sebelumnya.

Kedepannya, saya ingin mencari cara agar memproteksi semua teks yang tayang di blog ini sehingga tidak bisa di-copypaste.

4 comments:

  1. Sabar ki pak, saya juga pernah di copypaste tanpa izin :( akhirnya sekarang sudah mulai memproteksi foto2 ku dengan copyright :)

    ReplyDelete
  2. wah mantap sob. tapi sayang semua itu ada celahnya, jika org2 ingin mengambil foto atapun mengopas artikel.
    untuk aq org baik jadi gak copas artikel atau foto org lain he he he

    bisa di lihat disini bro :
    http://ariezetri.wordpress.com/2013/01/21/cara-mendapatkan-foto-gambar-yang-tidak-bisa-di-copy-paste/

    ReplyDelete
  3. waduh kasihan juga bro. tapi semuanya bisa di tembus bro..
    maaf ya ini aq kasih contoh kecil.

    klick ajha :
    http://ariezetri.wordpress.com/2013/01/21/cara-mendapatkan-foto-gambar-yang-tidak-bisa-di-copy-paste/

    ReplyDelete
  4. Kalau boleh tau gmn, sih caranya proteksi gambar seperti di atas. codingnya bisa apply langsung untuk semua gambar dalam blog g? mohon bantuannya.

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...