Sebuah Jawab buat Sahabat Malaysia

Seorang sahabat asal Malaysia beberapa kali mengirim imel dan tanggapan pada dua tulisan saya DI SINI dan DI SINI. Saya menjawabnya melalui postingan ini.

Maafkan karena saya tak banyak tahu tentang Malaysia. Yang saya tahu konsep kemalaysiaan sebagaimana yang saya temukan di media massa Indonesia. Rasanya, negeri itu terlalu jauh buat saya untuk sekedar dikunjungi dan dipahami bagaimanakah cara berpikir warganya. Maka media masa menjadi satu-satunya wadah yang mengayakan konsep saya tentang Malaysia. Namun, adakah gambaran positif dari media Indonesia tentang Malaysia? Silakan menyimak media Indonesia dan temukan bagaimana perasaan orang Indonesia di Malaysia, apa yang mereka alami, hingga membentuk gambaran tentang negeri itu.

Memang, ada banyak kesamaan antara Indonesia dan Malaysia. Tapi sejarah dan kolonialisme bangsa asing menjadi sebab yang memisahkan. Sayapun menganggap Malaysia sebagai saudara. Namun, adakah yang bisa menjelaskan mengapa orang malaysia memanggil Indon dengan sapaan yang merendahkan, atau tudingan yang serba tidak enak tentang Indonesia di sana. Bisakah pula saudara jelaskan mengapa ada banyak orang Indonesia yang diperlakukan seperti sapi perah, disiksa hingga nyaris tewas, dilihat seperti binatang.

Saya punya beberapa sahabat yang kuliah di sana. Entah kenapa, sepulang dari sana justru kian bertambah kebencian kepada Malaysia. Mungkin saya perlu bertanya lebih jauh. Tapi setidaknya saya bisa berkesimpulan kalau mereka telah mengalami banyak hal di sana. Mereka mengalami pengalaman yang tidak enak hingga tiba pada titik kebencian sedemikian rupa. Bisakah Anda menjelaskan apakah betul ada pengalaman buruk yang diterima warga Indonesia di sana?

Apapun komentar Anda, saya senang mendengarnya. Apalagi karwena Anda memosisikan blog ini punya kekuatan yang mempengaruhi pemikiran banyak orang. Maafkan karena jawaban ini terlalu singkat. Tapi kita bisa diskusi jauh demi menenangkan hati dan menyelesaikan tanda tanya yang berkelebat di pikiran kita. Terimakasih...

1 comment:

  1. indon dan malay...

    ada ungkapan dari teman yg pernah ke malaysa bahwa orang Indonesia dilihat lebih rendah dari mereka...entahlah. mungkin karena mereka hasil koloni Inggris...:)

    mohon ijinnya kanda yus link di blog saya...salam

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...