"karena hidup adalah sebuah pilihan"

Life is a choice

SEORANG politisi pernah berujar, "Hidup adalah sebuah pilihan." Ia memaksudkan kalimat itu sebagai jargon kampanye. Namun, belakangan ini sering kupikirkan betapa mengenanya kalimat itu. Kita selalu berhadapan dengan pilihan-pilihan. Kita memiliki kapasitas untuk memilih hendak menjadi apa dan bagaimana. Dalam setiap pilihan-pilihan tersebut kita memosisikan diri kita sebagai manusia yang bebas, merdeka dengan pilihan, dan siap sedia menanggung apapun risiko yang hendak dihadapi.

Belakangan ini aku sering memikirkan pilihan yang kutuju serta konsekuensi yang harus dihadapin. Aku berpikir bahwa terkadang kita berhadapan dengan pilihan yang terbatas, dan tiba-tiba harus memberanikan diri untuk mengambil pilihan terbatas itu. Dalam situasi ini, kita menafsir sebuah realitas, lalu merumuskan apa yang terbaik, lalu mengucap lafal 'bismillah' dan menjalani semua pilihan itu. Semuanya membawa konsekuensi yang mau tak mau harus dipikul.

Memang, semuanya tidak mudah. Tapi terkadang kita membutuhkan saat untuk beradaptasi dan menyesuaikan seluruh indera kita pada satu situasi --yang boleh jadi-- membuat kita tidak nyaman. Ibarat penyelam, kita butuh proses aklimatisasi sebelum terjun ke laut lepas. Semangat bertahan itu dipantik oleh keinginan untuk melanjutkan hidup kita hari ini dan esok. Sebuah keputusan mesti diambil untuk menyelamatkan hari ini, meskipun risikonya dalah sebuah ketidaknyamanan. Tapi setidaknya kita telah menuntaskan sebuah masalah hari ini tanpa harus mengemis kiri-kanan dan mengeluh tentang beban hidup yang kian menggunung.

Posisiku adalah berada tepat di tengah situasi antara ketidaknyamanan namun sedikit demi sedikit bisa memenuhi kebutuhan hari ini. Aku menjalani semuanya dengan penuh keyakinan bahwa menyelamatkan hari ini jauh lebih penting ketimbang memelihara mimpi untuk menjadi besar, namun tanpa sadar ternyata selalu berjalan di tempat. Inilah pilihanku. Aku memutuskan apa yang terbaik hari ini sembari mengintip saat yang tepat untuk lepas dan mengangkasa. Semoga Tuhan akan menumbuhkan sayap untuk terbang jauh dan merdeka.(*)
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...