Maharani dan Evolusi Lagu Bugis-Makassar

BEBERAPA teman dari Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) Unhas baru saja menuntaskan video klip album Evolution 2 dari artis Maharani asal Makassar. Saya sendiri sudah melihat video klip itu. Hasilnya mencengangkan, seperti menyaksikan video klip yang dibuat rumah produksi di Jakarta.

Meskipun semua video klip tersebut akan di-launching usai Lebaran, namun saya berkesempatan untuk mengoleksi lebih dahulu video klip tersebut. Saking sukanya pada video klip itu, setiap saya masuk kamar kos, maka lagu-lagu itu akan saya putar, tanpa rasa bosan.

Maharani menyanyikan lagu-lagu Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja. Berbeda dengan lagu-lagu daerah lainnya, ia menyanyikan dengan iringan musik jazz. Musiknya warna-warni dan enak didengar. Saya menikmati musik daerah yang disajikan dengan alat musik seperti saxophone, biola, piano, hingga gendang. Dalam beberapa lagu, para pemain musik sempat ber-jamz session. Musiknya mengalir seolah tak terkendali. Semua berimprovisasi, namun beberapa saat kemudian langsung menyatu dalam satu irama.

Bagi saya, musik yang indah, serta video klip yang menarik adalah kombinasi yang amat klop. Lagu daerah bisa tampak “wah“ jika dikemas dengan lebih baik. Selama ini, kita tak punya banyak pilihan. Lagu-lagu daerah banyak yang setting-nya hanya di depan rumah adat, di tengah taman-taman bunga. Atau mungkin di dekat pantai, dan sesekali kamera menyorot ke ombak yang berdebur. Itu saja.

Sementara video klip Maharani berbeda dengan itu. Lagu daerah dikemas dengan amat menarik. Dalam salah satu video klip itu, Maharani menembangkan lagu Toraja berjudul Marenden Marampak di satu sudut longue Hotel Clarion di Makassar. Penampilannya seperti kelompok musik papan atas Eropa. Dalam tayangan video, nampak kombinasi warna yang pas, gambar-gambar yang melesat cepat. Dalam satu adegan, nampak gambar hitam putih, tiba-tiba saja ada warna merah yang mengejar dan seakan membasahi gambar hitam putih itu menjadi warna-warni. Pokoknya mantap!

Semalam, saya berbincang dengan Edy, sahabat yang menjadi editor video klip tersebut. Kata Edy, ia merasa gemas karena selama ini lagu-lagu daerah dibikin asal-asalan. Ia ingin memberi nuansa yang berbeda. Bahkan, ia ingin merevolusi semua klip-klip daerah yang disusun secara asal-asalan. Dengan cara menyusun klip yang progresif dan lebih menggambarkan dinamika masa kini yang bergerak cepat.

Bagaimanakah ia menyusun konsep video klip itu? “Saya banyak bertanya pada beberapa teman yang paham apa makna lagu-lagu itu. Misalnya lagu Ongkona Sidenreng. Kata teman, lagu itu tentang suasana liburan. Makanya saya buat konsep tentang tepi danau dan ada rekreasi keluarga,“ katanya.

Satu hal yang menjadi ganjalan bagi Edy. Bahasa yang digunakan dalam lagu-lagu daerah itu, sudah tidak umum digunakan oleh generasi sekarang. Banyak maknanya yang hilang dan tidak diketahui lagi. Mungkin, generasi sekarang mesti menciptakan kembali lagu-lagu daerah yang sesuai dengan zamannya. Sepertinya, ada kebutuhan mendesak untuk menciptakan lagu-lagu yang sesuai dengan spirit zaman hari ini.(*)

5 comments:

  1. Anonymous6:26 PM

    biarpun sudah terlewat hampir setahun dari first release-nya album maharani, terus terang saya baru mendengar lagunya sekarang.
    judul indo' logo, begitu yg saya dengar berulang-ulang di salah satu lagunya, musiknya brilliant, perpaduan ritme yang asyik.
    saya bukan orang makassar, namun lagu daerah ini yang dikemas dan diremake sudah menautkan hati saya dengan keindahan Indonesia. selain maharani thx juga untuk ten2five yg ikut berkontribusi memberikan brilliant improvement untuk lagu daerah Indonesia.
    Bung Yusran, thx for the blog ya telah memperkaya pemikiran saya

    ReplyDelete
  2. Hayyaaa... membaca ini Saya kemudian mencari list lagunya Maharani di folder. Yahhh.. cuma punya 3.

    Alosi ripolo dua, indo logo, sulawesi pa'rasanganta. Kalau ada lagu yang lain, boleh saya diemailkan k'?

    anugerah_waty@yahoo.co.id / ugha23@gmail.com

    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa minta lagux maharani indologo?

      Delete
  3. Bisa minta lagux maharani indologo?

    ReplyDelete
  4. Anonymous12:04 AM

    boleh share linknya nggak Min ?

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...