Riset Politik yang Tak Biasa



SEJUJURNYA, saya bukan peminat buku-buku bertemakan politik. Tapi buku yang dieditori akademisi Edward Aspinall ini cukup mengejutkan saya sebab isinya lain dari yang lain. Selama ini, buku tentang politik lebih banyak membahas tentang bagaimana struktur dan pola kerja partai politik. Kebanyakan membahas tentang ideologi politik ataupun visi besar tentang kebangsaan. Sebagai rakyat biasa, saya merasa tema2 itu lebih banyak bullshit. Di lapangan, semua orang juga tahu kalau kenyataannya tak seperti itu.

Buku yang merupakan kolaborasi dari banyak peneliti ini menyajikan data lapangan yang sangat kaya. Yang ditampilkan adalah fenomena di akar rumput. Tentang bagaimana caleg2 dan politisi menggunakan segala cara untuk menang, mulai dari politik uang, penggunaan jaringan kerabat, serta bagi-bagi karpet di masjid. Saya tersenyum-senyum saat membaca buku ini sebab fenomena yang diangkat adalah kenyataan sehari-hari serta selalu kita saksikan. Saya kagum dengan para penelitinya yang sukses mengangkat data lapangan itu menjadi riset yang penting untuk membaca politik kita.

Pada akhirnya, saya belajar bahwa selalu ada jarak antara apa yang tersaji dalam buku-buku teks politik, dan apa yang bisa ditemukan di sekitar kita. Tugas para peneliti adalah merangkum keping-keping kenyataan di sekitar kita lalu menghantarkannya ke hadapan banyak orang agar bisa menginspirasi dan menjernihkan pandangan tentang dunia yang setiap hari dihadapi.

Yup, ini buku bagus yang rasanya lebih mengarah ke riset antropologis dan sosiologis ketimbang riset ilmu politik. Sangat asyik untuk dibaca. Recommended!


Bogor, 13 Mei 2015
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...