Memangkas Kerinduan

HINGAR-bingar pertandingan sepakbola tim nasional, sampai juga ke Athens, Ohio. Di sini, saya masih bisa menyaksikan kemeriahan itu, meskipun hanya bisa melalui internet. Saya beruntung karena internet amat cepat di sini. Makanya, saya masih bisa menyaksikan tayangan pertandingan sepakbola itu melalui internet. Kebetulan pula, saya menemukan situs yang menayangkan semua televisi Indonesia hingga bisa menyaksikan semua pertandingan tim nasional.

Internet telah mendekatkan segalanya. Saya tinggal di negeri jauh, namun wacana dan pemikiran saya tak pernah beranjak dari Indonesia. Setiap kali saya online, maka saya akan segera terkoneksi dengan tanah air, mengikuti tema-tema perbicangan yang menarik, serta membahas wacana-wacana terbaru.

Dengan cara itu, saya bisa memangkas kerinduan, mendekatkan jarak dengan semua keluarga di tanah air, serta kembali memperbarui nasionalisme sebagai warga Indonesia. Saya meniatkan semua hal positif yang saya raih untuk negeri tercinta. Semoga saya tidak ikut larut menjadi seorang pedagang yang jauh berkelana demi mengumpulkan pengetahuan untuk kelak mencari uang sebanyak-banyaknya. Amin.

Jika saya di sini setiap saat bisa menjalin kontak dengan semua sahabat dan wacana di tanah air, lantas bagaimanakah halnya dengan mereka yang datang belajar pada masa ketika internet tak ada? Apakah mereka akan kesepian? Ah, saya tak mau membayangkannya. Setiap masa memiliki kesepiannya masing-masing.

1 comment:

  1. wah..........makasih banyak ya ats infonya nya,,, jadi tau nech,, moga bermamfaat bagi semua...

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...