Produk Indonesia di Walmart



TAK disangka, saat singgah di Walmart, saya melihat produk Indonesia. Saya melihat baju-baju sweater yang pada labelnya tertulis Made in Indonesia. Entah, apakah langsung diekspor dari Indonesia, namun mengingat Walmart diisi dengan produk Cina, saya memperkirakan pakaian tersebut datang dari Cina, setelah sebelumnya dipesan dari Indonesia.

Ini bukan cuma sekali. Sahabat Umar Werfete yang tinggal di Inggris, membatalkan beli baju kaos Manchester United gara-gara melihat ada label Indonesia. Bukan karena tidak cinta Indonesia. Tapi dia berpikir ngapain membeli mahal dan jauh-jauh produk tanah air. mending membeli di Indonesia karena pasti akan jauh lebih murah. 

Pada dasarnya, saya melihat produk Indonesia bisa unggul dan punya daya saing. Sayangnya, yang kebanyakan menikmati keuntungan adalah para tengkulak yang membeli produk di tanah air lalu menjualnya ke negeri-negeri lain. Mereka menangguk untung, dan hanya memberi sedikit buat para produsen pakaian.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

di indonesia banyak banget garment factory yang produksi untuk walmart, eksport ke Amerika Utara dan Eropa

klikasean mengatakan...

Oiya? siapa saja supplier indonesia ke walmart?

Anonim mengatakan...

Aku kerja di garment punya Korea yang numpang cari kaya di Indonesia (pribuminya tetep sengsara...hehehhe..)Kebetulan aku operator jahit disini. Yes...produk kami 85% untuk walmart. Tapi sayang, kami sendiri tidak bisa merasakan indahnya hasil kerja keras kami, karena barang2 itu hanya dibuat untuk di orang2 di luar sana... ;((

Anonim mengatakan...

Iya,,,itu buah tangan saya dkk. karena kami bekerja di garment punya Korea yg cari kaya di negeri kita (pribumi tetap sengsara,,hehehe..) Saya sendiri operator jahit disini. & 80% produk kami adalah order by walmart. Tp sayang kami tidak bisa menikmati keindahan hasil peras keringat kami sendiri , karena barang2 itu hanya dibuat untuk dikirim keluar negeri.. ;((

Anonim mengatakan...

satu walmart ada dimana?

Anonim mengatakan...

Gua juga tahu banyak soal walmart, karena gua yg inspeksi produknya, Save Money Live Better

Unknown mengatakan...

tolong info nya dong ka kalo suuplier untuk walmart sendiri di indonesia itu dimana ?

Anonim mengatakan...

PT mana tuh yang support barang ke Walmart?

Posting Komentar