Bandara Djuanda yang Bertabur Ekspresi Seni

BANDARA Djuanda di Surabaya mendapatkan predikat sebagai bandara terbersih di Indonesia. Meskipun bandara ini lebih kecil dari Bandara Hasanuddin di Makassar, namun saya sangat tertarik dengan yang mengedepankan ekspresi seni grafis khas Jawa Timur yang nampak di bandara ini. Ornamen dindingnya khas. Juga lampu-lampu gantung di langit-langit.





Dilihat dari luar, atapnya berbentuk limas seperti rumah joglo. Saya membayangkan istana keraton zaman Singasari. Mungkin karena predikat sebagai bandara internasional yang membuat bandara ini berupaya menampilkan ekspresi cultural. Bisa pula dikatakan bahwa bandara adalah representasi dari ekspresi seni suatu masyarakat. Ini yang saya senangi dari bandara Djuanda.

Saat keliling bandara ini, saya sempat melihat pameran foto dan lukisan di tengah-tengah. Kembali saya kagum-kagum. Di tempat lain, sebuah bandara hanya menjadi gerbang keberangkatansaja. Tapi di Djuanda Surabaya, bisa pula menjadi panggung ekspresi seni. Salut buat pihak pengelola bandara!

1 comment:

  1. Lagi di Surabaya kah pak? Saya juga lagi di Surabaya nih... tinggal dimana?

    ReplyDelete

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...