Dicatat dalam Buku Dirk Tomscha


SEORANG peneliti berkebangsaan Jerman bernama Dirk Tomsha menulis buku berjudul Party Poliics and Democratizations in Indonesia. Ia melakukan studi lapangan di beberapa kota besar di Indonesia demi menjelaskan bagaimana demokrasi diterapkan pada scope yang sangat mikro.

Yang bikin saya agak terkejut karena ia memasukkan nama saya bersama Dr Dias Paradimara dan Muliadi Mau sebagai salah seorang informannya ketika berada di Makassar. Tak hanya itu, ia lalu melanjutkan dengan kalimat “provided excellent insight into dynamics of local politics in South Sulawesi.” Dipuji seperti ini bikin saya melambung. Padahal, saya sendiri sudah lupa pada apa yang pernah saya ucapkan padanya.

Gambar di atas adalah hasil scan atas halaman yang menyebut nama saya. Terus terang, saya sendiri sudah lupa kapan ilmuwan ini mewawancarai saya. Saya hanya samar-samar mengingat jika saya pernah berkenalan dengan Dirk Tomscha. Yang jelas, apa yang dilakukan Dirk Tomscha adalah bagian dari sikap ilmiah untuk menyebut siapa saja yang menginspirasi penulisan suatu karya. Ia berjiwa besar mengakui sejauh mana kontribusi orang lain atas lahirnya karyanya.

Selamat buat Dirk…!!

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...