Membaca Biografi Fildan Rahayu




JAUH dari Baubau, anak muda bernama Suhardiyanto itu datang ke rumah saya di Bogor. Kebetulan, ia baru beberapa hari di Jakarta. Saya sedang keluar rumah, namun dia tetap menunggu hingga saya datang. Dia datang untuk menyerahkan buku biografi dan kisah Fildan, jawara musik dangdut, yang baru saja diterbitkannya.

Dia mengakui saya sebagai gurunya. Padahal faktanya, saya hanya seorang pelatih kucing yang sedang menapak karier.

Betapa saya tersanjung karena menjadi salah satu pembaca pertama. Lebih tersanjung lagi karena diantarkan oleh penulisnya langsung. Bagi saya, ini buku yang penting, sebab membahas bintang muda dangdut yang telah dinobatkan sebagai jawara dangdut Asia.

Bagi kami, orang Buton dan Sulawesi Tenggara, Fildan adalah ikon daerah yang sukses menembus semua batas kemustahilan. Melalui vokalnya, ia bergerak 'from zero to hero.' Kisahnya tidak seperti Cinderella yang miskin, namun mendadak kaya raya karena sepatu kacanya ditemukan pangeran. Kisah hidupnya penuh perjuangan dan episode mencoba berbagai kesempatan.

Kini Fildan bukan lagi milik orang Baubau. Bukan pula milik orang buton dan orang Sulawesi Tenggara. Dia adalah milik semua penggemar dangdut di seluruh penjuru Indonesia. Dia adalah napas baru, generasi pelanjut dangdut yang kian membuat musik ini populer di segala lapisan masyarakat. Anak yang dahulu miskin dan tinggal di gubuk reyot itu, kini menjadi pesohor dangdut.

Saya bangga karena buku ini ditulis oleh anak muda yang sekampung dengan Fildan. Makanya dia bisa mengakses semua sumber primer tentang maestro dangdut itu. Pantas saja dia bisa menyelesaikan buku ini dengan cepat. Lebih kagum lagi karena dia merogoh kocek pribadinya untuk melahirkan buku bagus tentang anak muda berprestasi di kampung kami.

Salut buat Suhardiyanto. Sekali lagi saya bangga karena menjadi salah satu pembaca awal yang terpesona, sebelum buku ini dijual bebas buat Miana La Fildan, barisan penggemar Fildan di seluruh penjuru tanah air.


Hanya ada satu kata: salut!

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Buku Terbaru Saya

Buku Terbaru Saya
Untuk memesan buku ini secara online, silakan klik foto ini. Thanks.

Terpopuler Minggu Ini

Google+ Followers

Followers

...

Google+ Badge